10 Contoh Hukum Archimedes dalam Kehidupan Sehari-hari

Mar 31, 2023

Hukum Archimedes merupakan salah satu konsep penting dalam fisika yang banyak berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Ditemukan oleh ilmuwan besar Archimedes, hukum ini berkaitan dengan gaya apung suatu benda di dalam fluida, seperti air. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 contoh penerapan hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.

1. Kapal Terapung

Salah satu contoh paling jelas dari hukum Archimedes adalah dalam kapal terapung. Ketika sebuah kapal mengapung di air, gaya apung yang diberikan oleh fluida (air) sebanding dengan berat air yang dipindahkan oleh kapal.

2. Boia Pada Alat Pengukur

Boia pada alat pengukur air adalah contoh lain dari penerapan hukum Archimedes. Boia akan mengapung di permukaan air dengan tinggi tertentu sesuai dengan berat jenis air, yang mengikuti prinsip hukum Archimedes.

3. Kaki Paus dalam Air

Kaki paus yang sangat besar tetap dapat mengapung di dalam air karena hukum Archimedes. Berat jenis tubuh paus lebih rendah dari berat jenis air, sehingga paus bisa mengapung dengan mudah.

4. Balon Udara Panas

Prinsip hukum Archimedes juga berlaku pada balon udara panas. Gaya apung yang dihasilkan oleh udara panas yang terperangkap di dalam balon memungkinkan balon untuk terbang.

5. Kedalaman Pasir di Laut

Saat melihat pasir di dasar laut, kedalaman sebenarnya dari pasir tersebut dapat dihitung menggunakan hukum Archimedes. Pasir tersebut akan mengalami gaya apung yang sebanding dengan berat pasir tersebut.

6. Pembuatan Kapur Sirih

Proses pembuatan kapur sirih juga melibatkan penerapan hukum Archimedes. Dalam tahapan menenggelamkan sirih ke dalam larutan kapur, berat sirih yang terloncat menunjukkan berat kapur yang terlarut.

7. Mengukur Berat Jenis Benda

Menggunakan prinsip hukum Archimedes, kita dapat mengukur berat jenis suatu benda dengan cara mengukur perubahan berat benda yang terendam di dalam fluida tertentu.

8. Penerapan dalam Industri Kimia

Hukum Archimedes juga sering diterapkan dalam industri kimia, misalnya dalam proses pengukuran densitas suatu larutan yang menggunakan prinsip perbedaan berat benda yang terendam.

9. Konsep Floating Dock

Konsep floating dock atau dermaga terapung juga bergantung pada hukum Archimedes. Floating dock dirancang agar mampu mengapung dengan menggunakan hukum gaya apung dalam mendukung kapal yang dikerjakan di atasnya.

10. Penjelasan Kontinuitas Air

Prinsip Archimedes juga dapat digunakan untuk menjelaskan konsep kontinuitas air, di mana debit air yang keluar dari suatu saluran akan sama dengan debit air yang masuk ke dalam saluran, dengan memperhatikan gaya apung dan perpindahan massa fluida.